Trik Memperkuat Sinyal Router (WiFi)

Cara memperkuat sinyal ROUTER!!
Pada dasarnya wireless router memiliki jangkauan 100 kaki atau lebih, namun ada banyak faktor yang bisa membuat jangkauannya berkurang, membuat sinyal dan kekuatan sinyal berkurang dari yang Anda banyangkan. Gangguan dapat disebabkan oleh metal, sinyal lain dan perangkat elektronik lainnya yang menggunakan frekuensi wireless seperti ponsel dan oven microwave. Ada banyak metode yang dapat Anda gunakan untuk memperkuat kekuatan sinyal.

Step 1 Cek interference (gangguan)

Pindahkan perangkat di rumah Anda yang dapat menyebabkan gangguan pada jaringan traffic dengan jalur frekuensi 2.4GHz. Perangkat-perangkat ini diantaranya adalah telepon tanpa kabel, oven microwave, dan yang sejenisnya.
Cek kekuatan sinyal dengan menghidupkan dan mematikan perangkat-perangkat ini untuk menentukan pakah memang menyebabkan gangguan sinyal.
Belilah wireless network analyzer untuk mencari tahu sumber gangguan.

Step 2 Rubah channel sinyal Anda

Router dapat disiarkan pada beberapa rangkaian channel, antara 1 sampai sebelas. Rubahlah kepada channel yang akan memberikan router Anda sinyal yang bersih diantara jaringan-jaringan wireless yang ada.
Gunakan software utility untuk menganalisis jaringan mana yang menggunakan suatu channel.
Aturlah sistem Anda untuk menggunakan channel yang tidak dipakai.

Step 3 Atur Ulang Posisi Router Anda


Posisikan setinggi mungkin untuk meningkatkan efektifitas jarak broadcast.
Letakkan pada bagian tengah rumah atau ruangan untuk jangkauan yang lebih luas.
Posisikan sedekat mungkin dengan receiver.
Jauhkan dari barang-barang metal termasuk rak metal, filing cabinet dan barang-barang sejenisnya.
Jauhkan dari perangkat wireless seperti ponsel, telepon tanpa kabel, microwave, yang beroperasi pada frekuensi 2,4-GHz.
Jauhkan sejauh mungkin dari router Wi-Fi yang ada di dekat lokasi Anda (Tentunya Anda harus memastikan bahwa Anda menggunakan channel yang berbeda).

Step 4 Tinggikan Power Transmit Anda

Cek dokumentasi router Anda dan utility konfigurasi untuk dapat merubah Xmit power dari router Anda: Jumlah power yang digunakan untuk melakukan transmisi sinyal. Umumnya Anda dapat meningkatkan angka ini sampai di atas 50mW, namun waspadalah dengan risiko kelebihan panas atau rusaknya router Anda.


Step 5 Ganti Antenna

Lepaskan dan gantilah antenna broadcast pada router Anda dengan model yang dapat memberikan power lebih. Tidak semua router dapat diganti antennanya, namun kebanyakan bisa.


Step 6 Install Repeater

Ini cara yg paling saya rekomendasi. Belilah Repeater. Repeater adalah perangkat hardware yang bertugas seperti sebuah pemekar jaringan wireless. Repeater mengambil sinyal dari router Anda dan mendorong sinyal tersebut untuk meningkatkan jaraknya.


Step 7 Install Wireless Amplifier


Belilah dan sambungkan sebuah wireless amplifier (yang juga dikenal dengan sebutan booster) langsung ke router Anda. Sebuah booster bisa jadi lebih efektif daripada repetaer yang hanya meningkatkan kekuatan sinyal yang sudah ada, ketimbang meningkatkan kekuatan dan jaraknya.
Previous
Next Post »

2 comments

Click here for comments
dente
admin
August 2, 2011 at 12:44 AM ×

mantab, boleh juga neh. Harga booster wifi berapa ya gan ?

Reply
avatar
August 2, 2011 at 8:20 AM ×

wah kurang tau yah saya sob silahkan cari aja di google hehehe

Reply
avatar

Pengunjung yang baik selalu meninggalkan komentar :) ConversionConversion EmoticonEmoticon

Thanks for your comment