Proses PSB Sampoerna Academy 2011

Tahun Pelajaran Baru, Siswa Baru
 Proses Penerimaan Siswa Baru di SMA Negeri 10 Malang Sampoerna Academy telah berlangsung pada tanggal 4 – 6 April 2011. Dengan registrasi kedatangan di Asrama Griya Brawijaya pada tanggal 3 April 2011, calon siswa yang berasal dari luar Malang Raya menginap di asrama mulai dari hari Senin hingga Rabu. Panitia dari proses Penerimaan Siswa Baru tersebut adalah pengurus OSIS/MPK yang berjumlah 43 siswa. Peserta tes tahap dua berjumlah 330 siswa dan siswi dari seluruh Jawa Timur. Tes itu sendiri dari tes tulis, psikotes, wawancara, dan diskusi panel. Dengan panelis dari Sampoerna Foundation, Guru SMA Negeri 10 Malang, serta tokoh masyarakat.
Tes Potensi Akademik dan Psikotest
“Sistem seleksi PSB seperti ini, merupakan sistem yang cukup baik. Prosesnya ketat, namun hasil outputnya bisa memiliki kualitas yang baik.” Ujar Husnul Djuraid salah satu panelis dalam seleksi Penerimaan Siswa Baru
 Interview
Pada hari pertama Senin (04/04), seluruh siswa berangkat ke sekolah untuk melaksanakan sejumlah rangkaian tes. Pukul 06.00 apel dilaksanakan, dilanjutkan dengan Tes Tulis mata pelajaran Bahasa Inggris dan Matematika, serta Psikotes. Seusai tes tulis, siswa dari region Surabaya, Sidoarjo, Pandaan dan sekitarnya mengikuti wawancara dan diskusi panel, dilanjutkan oleh calon siswa dari region lain pada hari selanjutnya. Tawa, haru, senang, bangga maupun sedih bercampur semuanya dalam raut wajah calon siswa-siswi SMA Negeri 10 Malang Sampoerna Academy.
 Focus Group Discussion
“Menurut saya, tes tulisnya tadi lumayan bisa. Hanya saja Bahasa Inggrisnya tidak mudah, karena kosakatanya banyak,sulit lagi.” Ujar Farras Reyhan peserta tes tahap dua yang berasal dari Surabaya.
 Menurut Intan Ekki Shaffira dan Ade Harwoko selaku Ketua II OSIS dan Ketua II MPK mengatakan bahwa tidak ada halangan yang besar saat melaksanakan tugas. Karena calon siswa merupakan siswa – siswi pilihan yang selain pintar juga berbakat serta bersemangat, sehingga sebagian dari mereka tahu hal yang benar maupun salah dan panitia tidak perlu terlalu sulit untuk mengatur mereka. Dengan berjalan lancarnya tugas para panitia maka lancar pula proses Penerimaan Siswa Baru mulai dari tes tulis, psikotes, wawancara, hingga diskusi panel yang berada di SMA Negeri 10 Malang Sampoerna Academy.
Previous
Next Post »

Pengunjung yang baik selalu meninggalkan komentar :) ConversionConversion EmoticonEmoticon

Thanks for your comment