Tips Mengatasi Ketegangan Sebelum Ujian

Mungkin bagi kita yang akan menjalani ujian (ujian apa aja, ujian hidup juga termasuk), kadang kita merasa tegang dan takut kalau - kalu nanti hasilnya tidak memuaskan. Berikut beberapa tips untuk mengurangi rasa nervous sebelum ujian:



1. Berkumpul dengan Orang-Orang yang Santai

Saat mau ujian atau tes biasanya para pesertanya akan terpecah menjadi dua kelompok, Jika anda tidak mau pusing atau stres di awal, maka sebaiknya anda selalu berada di dekat kolompok yang menenangkan diri tanpa banyak membahas masalah materi pelajaran.

2. Tidak Belajar Untuk Mempersiakan Diri Lagi
Manfaatkan waktu yang tersisa sebelum ujian/tes dimulai untuk santai serta melarang diri sendiri untuk belajar atau membahas materi ujian. Carilah tempat yang paling tenang dan nyaman untuk menikmati saat-saat santai.

3. Melakukan Aktivitas yang Menghibur Diri

Pada saat santai kita bisa melakukan berbagai aktivitas atau kegiatan yang menghibur tanpa mengganggu orang lain yang ada di sekitar kita untuk melupakan sejenak ujian atau tes yang akan berlangsung. Aktivitas atau kegiatan tersebut bisa berupa chatting jejaring sosial lewat ponsel pintar, makan minum di kantin, nonton televisi, dan lain sebagainya.

4. Meyakini Bahwa Persiapan Telah Sempurna

Untuk bisa yakin dan percaya diri, kita harus mempersiapkannya jauh-jauh hari. Sebelum ujian kita harus belajar dengan baik dan benar setiap hari untuk menghindari belajar dengan sistem kebut semalam. Sebelum ujian pun juga harus dipersiapkan kelengkapan-kelengkapan yang dibutuhkan.

5. Ingatlah Sesuatu yang Bisa Menenangkan Diri

Kalo yang ini beda - beda tiap orang, ada yang bisa tenang kalo inget (ehem) pacar, ada yang bisanya rileks kalo inget kucing peliharaan di rumah. Apa aja deh, yang penting bisa buat nenangin pikiran.

6. Berdoa

Ini yang terakhir dan gak boleh kelewat, sekeras apapun usaha kita kalo nggak diimbangi doa, hasilnya bisa nggak memuaskan. So, jangan lupa berdoa dulu, biasanya pas masuk ruangan atau ujian akan dimulai.

Sekian dulu, semoga bermanfaat.
Previous
Next Post »

Pengunjung yang baik selalu meninggalkan komentar :) ConversionConversion EmoticonEmoticon

Thanks for your comment