Lulusan Tehnik Informatika ? Masuk di Sini !

Bergembiralah bagi sobat yang akan, sedang kuliah di fakultas tehnik informatika. Pasalnya banyak juga pekerjaan yang sedang menanti sobat. Namun pada dasarnya semua itu tergantung juga dengan hasil atau nila IPk Sobat.
Pada dasarnya lulusan IT sangat berpengaruh terhadap berkembangnya teknologi zaman sekarang. Bagaimanapun juga iming-iming gaji yang menggiurkan kerap menghampiri anak IT, tetapi semua itu bisa dicapai dengan kerja keras seriap individu. Menurut survey yang saya lakukan lulusan IT banyak menekuni pekerjaan sebagai berikut.
  1. Programing :

    Pastilah kita sering mempelajari saat kuliah maupun saat sharing pengetahuan tentang program. Meskipun harus kreatif dan wajib memahami bentuk program tetapi Profesi ini cukup banyak yang berminat.

  2. Jaringan Umum :

    Profesi ini tak mungkin bisa lepas dari yang namanya IT. Sehingga setidaknya kita harus memahami konsep-konsep dasar jaringan, seperti TCP/IP, Ethernet, serat optis, dan komputasi jaringan.

  3. Desain Antar muka :

    Bidang ini cukup menjajikan karena hanya melakukan interaksi antara komputer dan manusia atau desain antarmuka (user interface), baik desain aplikasi web maupun desktop.

  4. Project Management :

    Perusahaan membutuhkan calon-calon manajer proyek (project manager) yang bisa memimpin tim, membuat project life cycle yang masuk akal, dan mampu mengelola sebuah proyek. Salah satu pertanyaan yang sering dilontarkan saat wawancara kerja adalah bagaimana cara mengatasi konflik dalam tim.

  5. Teknisi Jaringan Konvergensi :

    Makin banyak perusahaan yang mengimplementasikan VoIp, makin besar pula kebutuhan mereka akan administrator jaringan yang memahami seluk beluk jaringan (jaringan LAN, WAN, dan internet) dan bagaimana konvergensinya. Ini merupakan peluang bagi orang-orang yang pernah bekerja di bidang telekomunikasi dan memahami jaringan TI.

  6. Jaringan Nirkabel :

    Perkembangan standar teknologi nirkabel seperti Wi-Fi, WiMax, dan Bluetooth membuat keahlian mengamankan transmisi nirkabel berada di peringkat paling atas. Yang banyak dibutuhkan saat ini adalah administrator jaringan dengan spesialisasi di bidang wireless seseorang yang tahu bagaimana perangkat wireless bekerja di jaringan, bukan sekedar teknisi.

  7. Embedded Security :

    Sekarang, sudah jadi tren bahwa semua lowongan TI mensyaratkan keahlian dan sertifikat di bidang keamanan. Apapun bidang TI-nya, perusahaan mengharapkan pencari kerja memiliki pemahaman mengenal sisi sekuritinya.

  8. Integrasi Teknologi Rumah Digital :

    Pertumbuhan pasar home video dan audio, serta keamanan rumah dan system lighting otomatis membuat segmen rumahan menjadi ladang bisnis teknologi yang subur.

  9. Mobilisasi Aplikasi :

    Mobilitas mengubah gaya hidup orang. Sekarang, perangkat genggam seperti ponsel PDA dan smartphone menjadi alat bisnis yang penting. Akibatnya, banyak perusahaan membutuhkan orang yang membutuhkan orang yang mampu memperluas penggunaan aplikasi seperti ERP atau procurement ke perangkat mobile.

Previous
Next Post »

1 comments:

Click here for comments
Unknown
admin
January 31, 2012 at 10:21 PM ×

Blogwalking sob...

Congrats bro Unknown you got PERTAMAX...! hehehehe...
Reply
avatar

Pengunjung yang baik selalu meninggalkan komentar :) ConversionConversion EmoticonEmoticon

Thanks for your comment